News Item Text


News Item Text 

News Item Text  - Bagi anda yang akrab dengan salah satu media informasi yang bernama koran, pastinya tidak begitu asing dengan salah satu dari jenis teks bahasa Inggris (Types of Text), News Item Text. Walaupun anda tidak tahu tentang istilah News Item Text itu sendiri, tapi penulis yakin anda pasti mengerti tentang apa itu News Item Text karena sebagian besar informasi yang ditulis dalam koran memiliki ciri-ciri yang sama.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, penulis akan menghadirkan penjelasan News Item Text secara lengkap dari mulai pengertian, tujuan komunikatif, struktur kebahasaan, ciri kebahasaan dan juga contohnya. Semoga bermanfaat.

A. Pengertian News Item Text


News Items Text adalah salah satu (Types Of Text) yang memberi informasi kepada pembaca mengenai kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari. Kejadian-kejadian tersebut yang disampaikan kepada pembaca adalah kejadian yang dianggap penting, hangat dan patut dijadikan berita.

B. Tujuan Komunikatif News Item Text


Tujuan komunikatif dari News Items Text adalah memberitakan kepada pembaca, pendengar atau penonton tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dipandang penting atau layak diberitakan.

C. Generic Structure News Item Text


Pada teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat tiga bagian dalam setiap struktur kebahasaannya, yaitu:

1. Newsworthy Event

Bagian pertama dari struktur kebahasaan News Item Text yang sering disebut Main Event adalah bagian yang menceritakan atau berisi berita tentang peristiwa atau kejadian inti yang biasanya dalam bentuk ringkasan atau Summary.

2. Backgroud Event
Bagian kedua dari struktur kebahasaan News Item Text atau yang sering disebut juga dengan Elaboration adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang latar belakang peristiwa atau kejadian, siapa yang terlibat dan di mana tempat kejadiannya.

3. Source
Bagian terakhir dari struktur kebahasaan News Item Text adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang komentar, saksi kejadian, pendapat para ahli, dsb. mengenai peristiwa atau kejadian yang diberitakan.

D. Ciri Kebahasaan News Item Text


Di setiap teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini:

  1. Informasi singkat tertuang dalam headline
  2. Memfokuskan pada kejadian
  3. Menggunakan action verb
  4. Menggunakan material process

E. Contoh News Item Text

Seven Killed in Accident on Jalan Sultan


Newsworthy Event
Seven people were killed in a collision between a bus, a car and a truck at 10:35 p.m. on Jalan Sultan last night.

Backgroud Event
The dead were all passengers in the car. Police believe the car may have been trying to overtake the bus when it was struck by a truck coming from the opposite direction. The driver of the car may not have been using his lights, as the truck driver said he did not see the car approaching.

Sources
The police said the car should not have been trying to pass the bus, since overtaking is not allowed on Jalan Sultan. In addition, the police reported that the car–a small Japanese car–should not have been carrying more than five people. The names of the victims are not yet known.
◄ Posting Baru Posting Lama ►