Discussion Text


Discussion Text

Teks Discussion (Discussion Text) - Discussion adalah sebuah proses mencari titik temu antara dua pemikiran, pandangan atau pendapat yang berbeda. Discussion bisa di definisikan sebagai sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana yang bermasalah. Wacana yang bermasalah ini adalah wacana yang memiliki dua kubu antara Pro dan Contra, antara pendukung issue dan penentang issue.
Masalah yang dihadirkan dalam teks Discussion nantinya akan didiskusikan berdasarkan dua poin of tersebut, Pro dan Contra.

Tujuan Komunikarif Discussion Text


Tujuan komunikatif dari teks Discussion itu sendiri adalah unutk mengetengahkan suatu masalah atau issue yang ditinjau paling tidak dari dua sudut pandang, sebelum sampai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi.

Generic Sturcture Discussion Text

Dalam Discussion text, terdapat empat stuktur kalimat pada discussion text sebagai bahan pembentuk teksnya, yaitu:

1. Issue
Issue terletak di paragraph pertama yang berisi penempatan masalah atau issue yang akan didiskusikan.

2. Supporting Points
Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang mendukung issue. Di setiap paragraph supporting point terdiri dari dua komponen dianataranya adalah main idea dan elaborasi atau uraian dari main idea tersebut.

3. Contrasting Points
Dalam bagian ini, penulis menghadirakan pendapat yang menentang issue. Seperti dalam paragraph supportin point, contrasting points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu main idea dan elaborasi atau uraian ari main idea tersebut.

4. Conclunlusion or Recomendation
dalam bagian ini penulis menghadirakan kesimpulan atau juga bisa rekomendari dari issue yang telah didiskusikan.

Language Features Discussion Text


Di dalam membuat teks Discussion, penulis harus memperhatikan penggunaan bahasa yang biasa diterapkan, seperti:

  • Menggunakan simpel present tense
  • Menggunakan modalites, seperti must, should, would, may, etc.
  • Menggunakan additive, contrastive, dan casual connection, seperti similiary, however, furthemore, on the other hand, etc.

Contoh Discussion Text


Untuk menambah dan melengkapi penjelasan di atas tentang Discussion Text, sengaja penulis sertakan contoh discussion text berikut ini.

The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power


Issue
Nuclear power is generated by using uranium which is a metal mined in various part of the world. The first large scale of nuclear power station was opened at Calder Hall in Cumbria, England in 1956.

Supporting Point
Some military ships and submarines have nuclear power plant for engine. Nuclear power produces around 11% of the world's energy needed, and produces huge amounts of energy. It cause no pollution as we would get when burning fossil fuels. The advantages of nuclear plant are as follow:

    It costs about the same coal, so it is not expansive to make.
    It does not produce smoke or carbon dioxide, so it does not contribute to the greenhouse effect.
    It produces huge amounts of energy from small amount of uranium.
    It produces small amount of waste.
    It is reliable.

Contrasting Point
On the other hand, nuclear power is very, very dangerous. It must be sealed up and buried for many years to allow the radioactivity to die away. Furthermore, although it is reliable, a lot of money has to be spent on safety because if it does go wrong, a nuclear accident ca be a major accident.

Conclusion or Recomendation
People are increasingly concerned about this matter. In the 1990's nuclear power was the fastest growing source of power in many parts of the world.

◄ Posting Baru Posting Lama ►