Analytical Exposition Text


Analytical Exposition Text

Teks Analytical Exposition (Analytical Exposition Text) - Analytical Exposition adalah jenis teks yang termasuk keadalam jenis Argumentation Text dimana teks tersebut berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah penomena yang ada di sekitar. Fungsi sosial dari teks Analytical Exposition adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argument-argument atau pendapat-pendapat yang mendukung main idea atau topik tersebut.

Generic Structure Analytical Exposition Text


Generic Structure teks Analytical Exposition terdiri dari tiga bagian yaitu:

1. Thesis
Dalam bagian Thesis, penulis mengenalkan tentang topik atau main idea yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraph pertama dalam teks Analytical Exposition.

2. Argument
Dalam bagian ini penulis menghadirkan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung main idea penulis, biasanya dalam sebuah teks Analytical Exposition terdapat lebih dari dua argumen. Semakin banyak argumen yang ditampilkan semakin percaya pembaca bahwa topik yang dibahas oleh penulis adalah topik yang sangat penting atau membutuhkan perhatian.

3. Reiteration
Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah teks Analytical Exposition yang selalu terletak di akhir paragraph. Reiteration berisi penulisan kembali atau penempatan kembali main idea yang terdapat di paragraph pertama. Reiteration juga biasa disebut dengan conclusion.

Language Features Analytical Exposition Text


Dalam sebuah Analytical Exposition Text, terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan seperti di bawah ini, yaitu:

  • Menggunakan simple present
  • Mengunakan reltional process
  • Menggunakan internal conjunction
  • Menggunakan casual conjuction

Contoh Analytical Exposition  Text


Cars should be banned


Thesis
Cars should be banned in the city. As we all know, cars create pollution, and cause a lot of road deaths and other accidents.

Argument 1
Firstly, cars, as we all know, contribution to the most of the pollution in the world. Cars emit a deadly gas that causes illness such as bronchritis, lung cancer, and ‘triggers’ off asthma. Some of these illnesses are so bad that people can die from them.

Argument 2
secondly, the city is very busy. Pedestrians wander everywhere and cars commonly hit pedestrains in the city, which causes them to die. Cars today are our roads biggest killers.

Argument 3
Thirdly, cars are very noisy. If you live in the city, you may find it hard to sleep at night, or concentrate on your homework, and especially talk to someone.

Reiteration
in conclusion, cars should be benned from the city for the reason listed.
◄ Posting Baru Posting Lama ►