PRESENT PERFECT TENSE

Posted by Admin. Category:

Present Perfect Tense mengacu pada suatu tindakan atau keadaan yang entah terjadi pada waktu yang tidak terbatas di masa lalu (misalnya, kita telah berbicara sebelumnya) atau mulai di masa lalu dan berlanjut ke waktu sekarang (misalnya, ia telah menjadi tidak sabar selama satu jam terakhir) ).

Selain itu, tense ini juga bisa menggambarkan suatu kejadian yang dimulai dan berakhir di masa lampau tetapi efeknya masih dirasakan sampai saat sekarang. Lebih singkatnya, tense ini digunakan sebagai penghubung antara masa lalu dan masa sekarang. Untuk bagian yang ini biasanya diberi keterangan waktu since (sejak) atau for (selama)

Bentuk ini dibentuk dengan (e.g., he has grown impatient over the last hour). Tenses ini dibentuk dengan  

S + have/has + the past participle (V3).

Bagian pertama adalah have atau has, tergantung pada subjek kata kerjanya dikonjugasikan dengan. Elemen kedua adalah past participle dari kata kerja, yang biasanya dibentuk dengan menambahkan -ed atau -d ke kata kerja asal (misalnya,, walked, cleaned, typed, perambulated, jumped, laughed, sautéed) meskipun bahasa Inggris memang memiliki beberapa kata kerja masa lalu yang tidak beraturan (misalnya, done, said, gone, known, won, thought, felt, eaten).



Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana present perfect dapat menggambarkan sesuatu yang terjadi atau keadaan pada waktu yang tidak ditentukan di masa lalu.

I have walked on this path before.
We have eaten the lasagna here.

Yang penting untuk diingat tentang perfect present adalah Anda tidak bisa menggunakannya ketika Anda kejadian di waktu tertentu.

I have put away all the laundry.
I have put away all the laundry this morning. (contoh salah)

Anda bisa menggunakan present perfect untuk berbicara tentang durasi sesuatu yang dimulai di masa lalu dan sekarang masih terjadi.

She has had the chickenpox since Tuesday.

Rumus Present Perfect Tense

Present perfect tense dibentuk dengan  auxiliary verb have atau has  dan past participle (verb 3). Have berpasangan dengan subjek  I, You, We, dan They sedangkan Has digunakan untuk subjek He, She, dan It.
Bentuk Rumus Present Perfect Tense Contoh Kalimat
Positif
(+)
· I/You/We/They + have + verb 3 · He/She/It + has + verb 3 · They have lived in Jakarta for a long time
· He has learned English for one year
Negatif
(-)
· I/You/We/They + have + not + verb 3 · He/She/It + has + not + verb 3 · They have not lived in Jakarta for a long time · He has not learned English for one year
Interogatif
(?)
· Have + I/You/We/They + verb 3? · Has + He/She/It + verb 3? · Have they lived in Jakarta for a long time? · Has he learned English for one year?
rumus present perfect tense
sumber gambar: grammar-monster.com



Penggunaan

Kita telah mengetahui pengertian dan rumus present perfect tense. Untuk bisa menggunakan dan mengenalinya dengan tepat, kita juga harus memahami penggunaannya, yaitu sebagai berikut:
Penggunaan Contoh Kalimat
a) Untuk menjelaskan suatu kejadian yang dimulai pada masa lampau (past) dan masih berlanjut sampai sekarang. · We have lived in New York for three years. · She has studied in Melbourne since two years ago.
Kedua kejadian tersebut dimulai pada masa lampau dan masih berlanjut sampai sekarang. Artinya, We masih tinggal di New York dan She masih belajar di Melbourne sampai saat ini.
b) Untuk menjelaskan kejadian yang dimulai dan berakhir di masa lampau dan efeknya masih berlanjut sampai sekarang. · I have tasted the cake · Alan has lied to all of us
Kedua kejadian tersebut dimulai dan berakhir di masa lampau dan efeknya masih bisa dirasakan sampai sekarang. Artinya, I masih bisa merasakan rasa kue tersebut meskipun sudah mencicipinya pada masa lalu. Dan, kebohongan Alan masih bisa dirasakan meskipun Alan berbohong pada masa lalu juga. Jadi, gunakan present perfect tense.
c) Untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi berulang kali di masa lampau. · Alex has called you five times
· I have read the book several times
Semua kejadian tersebut merupakan kejadian yang terjadi berulang kali di masa lampau. Biasanya menggunakan adverb of number.
d) Untuk mengungkapkan kejadian yang baru saja terjadi atau dilakukan. · My father has just gone to the office. · They have just announced the winner.
Semua kejadian tersebut baru saja terjadi. Biasanya kata adverb just digunakan untuk tujuan ini.
Perlu diingat bahwa present perfect tense digunakan pada kejadian yang menghubungkan antara masa lalu (past) dan masa sekarang (present). Apabila kita bisa mengingat hal ini, present perfect tense adalah hal yang mudah untuk dimengerti.

Sumber: grammarly.com, studiobelajar.com
◄ Posting Baru Posting Lama ►