Cara Belajar Bahasa Baru yang menyenangkan

Posted by Admin. Category:

Bagi kebanyakan dari kita, awal tahun baru adalah waktu kita membersihkan kamus dan buku kerja serta memutuskan untuk belajar bahasa baru. Ada beberapa keinginan berkomunikasi secara lancar dengan penduduk setempat selama perjalanan dan teman-teman kita dengan keterampilan baru yang ditemukan. Tetapi sebagian besar karena terjebak dalam pekerjaan dan kehidupan, rencana hanya bisa disimpan dengan buku-buku kita.

Tapi sebenarnya, belajar bahasa tidak harus menjadi pekerjaan rumah. Setelah membaca, mendengarkan dan mengobrol dengan orang lain, kegiatan besar yang menyenangkan dan pembelajaran juga. Dan itu juga dapat  menjadi mudah jika kita mendekati dengan cara yang segar.

Jadi dengan meletakkan buku, dan mencoba salah satu dari cara-cara lain dalam belajar bahasa baru, kita akan memiliki dasar-dasar sebelum perjalanan Anda berikutnya.


Berikut ada tips belajar bahasa yang menyenangkan (Fun) dari dailymuse.com

1. Belajarlah seolah-olah Anda (Benar-benar) sedang muda

Ketika Anda mulai belajar bahasa, lakukan pendekatan melalui mata seorang anak. Buku anak-anak dan bahan pembelajaran dimulai dengan dasar-dasar dan pilah-pilah mereka menjadi fragmen kecil dan akan  jauh lebih mudah daripada masuk ke buku-buku kerja yang padat.

Ketika saya pertama kali mulai belajar bahasa Korea, saya belajar nomor saya dalam 10 menit dengan lagu Bilangan Korea. Kemudian, saya menggunakan buku anak-anak dan video musik untuk membantu mengukur apakah aku sudah siap untuk bergerak melewati tingkat pengantar. Ketika aku sampai ke Korea, saya memperoleh kepercayaan diri dengan berbicara kepada keponakan dan mereka lebih muda mengerti kata-kata dasar saya, dan saya tidak begitu khawatir. Percakapan ini memberiku dasar untuk belajar  bahasa Korea "formal" nantinya.

2. Nonton Film

Sebelum saya berangkat ke India, saya harus tahu Shurukh Khans, Salman, dan Aamir tiga Bintang Bollywood yang paling populer dari waktu kita. Saya menenggelamkan diri di film dan lagu, yang tidak hanya membuat telinga saya akrab dengan infleksi dan bunyi bahasa Hindi, tetapi juga membantu saya belajar frase dasar.

Tentu saja, kata-kata pertama saya dalam bahasa Hindi, "Tere naam le Ke" (hatiku mengambil namamu) telah benar-benar membantu saya memesan makanan atau mendapatkan sekitar Mumbai efisien. Tapi, karena saya mengerti bagaimana bahasa Hindi secara nyata diucapkan, seperti bahasa yang saya pelajari, saya akhirnya berbicara lancar, bukan seperti robot (seperti mungkin dari salah satu pelajaran audio). Saya juga punya ikatan dengan keluarga angkat saya tentang film yang saya lihat dan musik aku suka.

Di Thailand dan Jepang, saya belajar banyak frase dasar dengan mempelajari lagu karaoke dan bahkan melakukannya. Sementara pada awalnya memalukan, hal itu membantu saya berlatih bahasa saya, dan juga mempersiapkan untuk situasi bisnis (di mana karaoke adalah acara networking umum).

3. Pergi Belanja

Daripada membaca tentang pasar lokal dalam teks bahasa, mengapa tidak pergi ke sana saja? Kunjungi lingkungan Chinatown, Koreatown atau etnis di kota Anda di rumah dan berbicara dengan orang-orang untuk praktek, kata-kata dan frase dasar dan formalitas sopan. Anda akan sering menemukan bahwa vendor (terutama di AS) selalu senang untuk chatting dan bahkan lebih senang untuk membantu kesalahan berbahasa. Ini adalah tempat yang bagus untuk berlatih banyak percakapan dalam waktu singkat.

4. Gunakan Teknologi untuk Belajar lokal

Tidak perlu untuk berinvestasi dalam perangkat lunak yang mahal ketika ada sumber gratis dan aplikasi yang begitu banyakdi luar sana. Dengan download beberapa aplikasi, Anda bisa mendapatkan update harian dan pelajaran, berbicara dengan penduduk asli melalui Skype atau Google Hangouts dengan orang-orang yang juga belajar.

Coba Italki untuk berbicara dengan pribumi dan menerima bimbingan, Hindipod (untuk bahasa Hindi),  Anda juga bisa mendapatkan satu-satu perhatian dengan guru dan tutor pada beberapa situs tersebut. Selain itu, BBC memiliki panduan besar belajar bahasa, yang menawarkan wawasan ke dalam budaya dan kehidupan sehari-hari di negara-negara lain.

5. Berbicara sebisa mungkin

Satu-satunya cara agar bahasa masuk ingatan kita adalah dengan berbicara dan sering mendengarkan, sehingga ambil setiap kesempatan yang Anda temukan untuk menggunakan bahasa lain. Bicaralah dengan teman-teman dari negara lain, mencoba sebuah restoran etnis dan berbicara kepada pemilik dalam bahasa mereka atau bergabung dengan berpikiran seperti pelajar bahasa.

Bahkan ketika Anda berada di rumah, cobalah untuk mengucapkan kata-kata baru dan bertanya tentang bagaimana hal-hal yang diucapkan dengan benar dalam bahasa yang berbeda. Ingatlah untuk tetap pada aksen dan nada,  salah satu pujian terbaik yang akan anda terima adalah "aksen Anda benar-benar baik!"

Belajar bahasa tidak harus terpaku pada aturan yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba sesuatu dengan cara baru yang menyenangkan. Jadi ketika Anda mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan ke negara baru, jangan takut untuk terkendala (utama) dalam bahasa mereka. Anda tidak mungkin menjadi lancar, tapi mengetahui sedikit akan lebih baik dan menjadi modal.

Diterjemahkan dari Artikel oleh Natalie Jesionka di The Daily Muse
Cara yang FUN untuk Belajar Bahasa Baru
◄ Posting Baru Posting Lama ►