Cara Menulis Surat Formal Dalam Bahasa Inggris

Posted by Admin. Category:

Layout Surat Formal

Contoh Surat di bawah ini menunjukkan kepada Anda tentang tata letak umum untuk surat resmi.


Aturan untuk Menulis Surat Formal dalam bahasa Inggris
Dalam bahasa Inggris ada sejumlah konvensi yang harus digunakan ketika menulis surat resmi atau bisnis. Selain itu, Anda mencoba untuk menulis sesederhana dan sejelas mungkin, dan tidak membuat surat lama dari yang diperlukan. Ingatlah untuk tidak menggunakan bahasa formal seperti kontraksi.

Alamat:
1) Alamat Anda
    Alamat pengirim harus ditulis di sudut kanan atas surat.

2) Alamat orang yang Anda kirimi
    Alamat dalam harus ditulis di sebelah kiri, mulai di bawah alamat Anda.

Tanggal:
Orang yang berbeda menempatkan tanggal pada sisi halaman yang berbeda. Anda dapat menulis ini di sebelah kanan atau kiri pada baris setelah alamat Anda menulis untuk. Menulis bulan sebagai sebuah kata.

Salam atau ucapan:
1) Dear Sir atau Madam,
Jika Anda tidak tahu nama orang yang Anda menulis untuk, menggunakan ini. Itu selalu dianjurkan untuk mencoba untuk mencari tahu nama.

2) Dear Mr Jenkins,
Jika Anda tahu nama, gunakan (Mr, Mrs, Miss atau Ms, Dr, dll) dan nama keluarga saja. Jika Anda menulis untuk seorang wanita dan tidak tahu apakah dia menggunakan Nyonya atau Nona, Anda dapat menggunakan Ms, yang bagi wanita yang sudah menikah dan tunggal.

Mengakhiri Surat:
1) Yours faithfully
Jika Anda tidak tahu nama orang tersebut, akhiri surat dengan cara ini.

2) Yours sincerely
Jika Anda tahu nama orang tersebut, akhiri surat dengan cara ini.

3) Your signature
Tandatangani nama Anda, kemudian cetak di bawah tanda tangan. Jika Anda berpikir orang yang Anda tuju mungkin tidak tahu apakah Anda laki-laki dari perempuan, tempatkan gelar Anda dalam tanda kurung setelah nama Anda.

Isi Surat Formal
Paragraf Pertama
Paragraf pertama harus pendek dan negara tujuan dari surat-untuk membuat penyelidikan, mengeluh, permintaan sesuatu, dll

Paragraf atau paragraf di tengah surat harus berisi informasi yang relevan di balik penulisan surat. Sebagian besar surat-surat dalam bahasa Inggris tidak terlalu panjang, sehingga menjaga informasi sampai ke inti dan berkonsentrasi pada mengorganisir secara jelas dan logis daripada memperluas terlalu banyak.

Paragraf Terakhir
Paragraf terakhir dari surat resmi harus menyatakan tindakan apa yang Anda harapkan dari penerima untuk mengembalikan, mengirimkan informasi, dll


Singkatan yang umum digunakan secara luas dalam surat:
  • asap = sesegera mungkin
  • cc = carbon copy (bila Anda mengirim salinan surat ke lebih dari satu orang, Anda menggunakan singkatan ini untuk membiarkan mereka tahu)
  • enc. = Enclosure (bila Anda melampirkan lampiran lain pada surat Anda)
  • pp = per procurationem (Sebuah frase Latin yang berarti bahwa Anda menandatangani surat atas nama orang lain, jika mereka tidak ada untuk menandatangani sendiri, dll)
  • ps = postscript (bila Anda ingin menambahkan sesuatu setelah Anda selesai dan menandatanganinya)
  • pto (informal) = please turn over (untuk memastikan bahwa orang lain tahu surat itu terus di  berlanjut halaman lain)
  • RSVP = silakan balas
Contoh Outline Surat

Outline: Surat Pengantar

Sebuah surat pengantar adalah salah satu yang menyertai Curriculum Vitae Anda ketika Anda melamar pekerjaan. Berikut ini adalah rencana yang cukup konvensional untuk tata letak paragraf.

Paragraf Pembuka
Secara singkat mengidentifikasi diri dan posisi yang Anda lamar. Tambahkan bagaimana Anda tahu tentang kekosongannya.

Paragraf  2
Berikan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan dan mengapa Anda ingin dipertimbangkan untuk pos tertentu. Sebutkan kualifikasi Anda yang relevan dan pengalaman, serta kualitas pribadi Anda yang membuat Anda sebagai calon yang cocok.

Paragraf  3
Memberitahu mereka bahwa Anda telah melampirkan CV Anda saat ini dan menambahkan informasi lebih lanjut yang menurut Anda bisa membantu kasus Anda.

Paragraf  Penutup
Berikan ketersediaan Anda untuk wawancara, mengucapkan terima kasih atas pertimbangan mereka, menyatakan kembali minat Anda dan menutup surat itu.

Outline: Sebuah Surat Enquiry

Sebuah surat Enquiry adalah ketika Anda mendekati sebuah perusahaan spekulatif, yang Anda membuat pendekatan tanpa mereka iklankan atau umumkan di lowongan.

Paragraf Pembuka
Perkenalkan diri sebentar dan memberikan alasan Anda untuk menulis. Biarkan mereka tahu tentang jenis posisi yang Anda cari, mengapa Anda tertarik dan bagaimana Anda mendengar tentang mereka.

Paragraf  2
Menunjukkan mengapa perusahaan mereka dalam kepentingan tertentu Anda, menyebutkan kualifikasi dan pengalaman bersama dengan rincian lebih lanjut yang mungkin membuat mereka tertarik melihat Anda.

Paragraf  3
Mengacu pada CV terlampir dan menarik perhatian mereka untuk setiap poin sangat penting yang Anda ingin mereka untuk fokus di dalamnya.

Paragraf  Penutup
Terima mereka, menjelaskan ketersediaan Anda untuk wawancara dan menyatakan antusiasme untuk perusahaan mereka dan keinginan untuk dipertimbangkan untuk posting yang mungkin belum tidak tersedia.

Sumber: http://www.usingenglish.com/resources/letter-writing.php
Cara Menulis Surat Formal Dalam Bahasa Inggris
◄ Posting Baru Posting Lama ►